Didownload 562 kali, [ Download ], Update : 29/07/2021 10:29:31
SILABUS | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Mata Pelajaran | : Bahasa Indonesia | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Kelas / Semester | : VII / 1 | |||||||||||||||||||||||||||||||||
SatuanPendidikan | : UPT SMP Negeri 5 Pasuruan | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Kompetensi Inti : | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
3. | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | |||||||||||||||||||||||||||||||||
4. | Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Waktu | Sumber Belajar | Nilai Karakter | ||||||||||||||||||||||||||||
3.1 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.2 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.1 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang sesuatu (objek budaya atau peristiwa alam/sosial di sekitar siswa) yang didengar dan dibaca. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks deskripsi tentang sesuatu (objek budaya atau peristiwa alam/sosial di sekitar siswa) yang didengar dan dibaca. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menjelaskan isi teks deskripsi tentang sesuatu (objek budaya atau peristiwa alam/sosial di sekitar siswa) yang didengar dan dibaca secara lisan, tulis, dan visual. | Menggambarkan objek melalui teks deskripsi | Mengamati | ||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Menyimak dan memahami penjelasan guru tentang hakikat teks deskripsi | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Memahami struktur teks deskripsi | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Mengamati contoh teks deskripsi | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Mengamati tentang kaidah kebahasaan teks deskripsi | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Mengumpulkan Informasi | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Mengidentifikasi struktur teks deskripsi (deskripsi umum dan deskripsi bagian) pada bacaan yang dibaca dan didengar | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Menentukan kaidah kebahasaan dalam teks deskripsi yang dibaca dan didengar | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Menalar/Mengasosisasi | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Menentukan isi teks deskripsi yang dibaca atau didengar | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Menyusun teks deskripsi sesuai struktur teks dan kebahasaannya | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Memahami pengertian teks deskripsi | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Memahami ciri umum teks deskripsi | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Menemukan informasi dalam teks deskripsi yang dibaca atau didengar | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Menjelaskan isi teks deskripsi yang dibaca atau didengar | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Mengidentifikasi struktur teks deskripsi yang dibaca atau didengar | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Menelaah kaidah kebahasaan teks deskripsi yang dibaca atau didengar | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Menulis teks deksripsi sesuai struktur dan kaidah kebahasaannya | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Sikap | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Observasi | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Pengetahuan | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Penugasan (tugas terstruktur/ tugas mandiri) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tes Tertulis | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Ketrampilan | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Porto folio | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Proyek | 20 JP | |||||||||||||||||||||||||||||||||
KD 3.1& 4.1 : 8 JP : 4 JP PTM dan 4 BDR | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
KD 3.2& 4.2 : 12 JP : 6 JP PTM dan 6 BDR | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Buku Bahasa | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Indonesia VII | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Buku paket | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Buku referensi lain | - | Gemar membaca | |||||||||||||||||||||||||||||||
- | Kerja keras | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Komunikatif | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Mandiri | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Rasa ingin tahu | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Waktu | Sumber Belajar | Nilai Karakter | ||||||||||||||||||||||||||||
4.2 | Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang sesuatu (objek budaya atau peristiwa alam/sosial di sekitar siswa) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulis. | - | - | |||||||||||||||||||||||||||||||
3.3 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.3 | Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar. | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita imajinasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, penggunaan bahasa, atau aspek lisan. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Berkreasi dengan cerita fantasi | Mengamati | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Membaca contoh teks narasi imajinasi | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Menyimak dan memahami teks narasi dan unsur pembentuknya | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Mengumpulkan informasi | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Mengindentifikasi struktur teks cerita imajinasi (orientasi, komplikasi, resolusi, koda) | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Menentukan kaidah kebahasaan pada teks narasi (cerita imajinasi) | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks cerita imajinasi | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Mengidentifikasi struktur teks cerita imajinasi | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Menentukan kaidah kebahasaan teks cerita imajinasi | - | Sikap | |||||||||||||||||||||||||||||||
Observasi | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Pengetahuan | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Penugasan (tugas terstruktur/ tugas mandiri) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tes Tertulis | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Ketrampilan | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Porto folio | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Proyek | 12 JP | |||||||||||||||||||||||||||||||||
KD 3.3& 4.3 : 12 JP : 6 JP PTM dan 6 BDR | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Buku Bahasa | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Indonesia VII | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Buku paket | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Buku referensi lain | - | Gemar membaca | |||||||||||||||||||||||||||||||
- | Kerja keras | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Komunikatif | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Mandiri | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Rasa ingin tahu | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Waktu | Sumber Belajar | Nilai Karakter | ||||||||||||||||||||||||||||
3.4 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.4 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.5 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.5 | Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar. | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Menyimpulkan isi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dari informasi yang dibaca dan didengar | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menyajikan data rangkaian kegiatan tentang cara melakukan sesuatu dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan , dan isi secara lisan dan tulis | Beraktivitas sesuai teks prosedur | Mengamati | ||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Membaca contoh teks prosedur cara melakukan sesuatu | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Menyimak dan memahami struktur teks prosedur cara melakukan sesuatu | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Mengumpulkan informasi | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Mengidentifikasi struktur teks prosedur cara melakukan sesuatu (tujuan dan langkah-langkah) | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Menentukan kaidah kebahasaan pada teks prosedur cara melakukan sesuatu | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Menalar/mengasosiasi | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Menulis teks prosedur cara melakukan sesuatu dengan memperhatikan struktur dan kebahasaannya | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Mengomunikasikan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Mempresentasikan hasil teks prosedur cara melakukan sesuatu yang telah disusun | - | Memahami karakteristik teks prosedur cara melakukan sesuatu | |||||||||||||||||||||||||||||||
- | Mengklasifikasikan jenis teks prosedur | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Mengidentifikasi struktur teks prosedur cara melakukan sesuatu dan bagian-bagiannya | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Menelaah kaidah kebahasaan teks prosedur cara melakukan sesuatu | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Menyusun teks prosedur dengan memerhatikan struktur dan kaidah kebahasaan | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Memperagakan cara melakukan sesuatu berdasarkan teks prosedur yang telah dibuat | - | Sikap | |||||||||||||||||||||||||||||||
Observasi | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Pengetahuan | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Penugasan (tugas terstruktur/ tugas mandiri) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tes Tertulis | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Ketrampilan | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Porto folio | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Proyek | 20 JP | |||||||||||||||||||||||||||||||||
KD 3.4& 4.4 : 8 JP : 4 JP PTM dan 4 BDR | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
KD 3.5& 4.5 : 12 JP : 6 JP PTM dan 6 BDR | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Buku Bahasa | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Indonesia VII | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Buku paket | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Buku referensi lain | - | Gemar membaca | |||||||||||||||||||||||||||||||
- | Kerja keras | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Komunikatif | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Mandiri | |||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Rasa ingin tahu | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Pasuruan, 01 Juli 2021 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mengetahui | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
KepalaSekolah | Guru Bahasa Indonesia | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Mochamad Amin, S. Pd, M. Pd | Dian Rachmawati, S.Pd | |||||||||||||||||||||||||||||||||
NIP. 19640507 199103 1 012 | NIP. |